Tingkatkan penjualan dengan Up Selling

Up Selling Untuk Meningkatkan Pemasaran

Apa itu Up Selling?

Up Selling adalah teknik penjualan yang mengajak pembeli membeli produk serupa dengan nilai lebih tinggi.

Karateristik Up Selling

  • Produk sama dengan versi lebih baru daripada produk sebelumnya
  • Produk memiliki fitur tambahan sehingga nilainya lebih tinggi dari produk sebelumnya.

Cara Melakukan Up Selling

Teknik penawaran Up Selling efektif pada mereka yang pernah membeli produk Anda. Karena mereka yang pernah membeli lebih mudah membandingkan produknya yang sekarang dengan yang baru. Hal ini dikarenakan 70% penjualan berasal dari konsumen lama. Sementara 18% penjualan berasal dari konsumen baru.

Contoh Penerapan Up Selling

Sadar atau tidak Up Selling itu ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Berikut ini adalah pengalaman Diyana yang mungkin juga kalian alami.

  • Ketika Diyana sedang di bioskop, penjual popcorn akan menawarkan size yang lebih besar. Kejadian ini juga terjadi di restoran cepat saji yang menawarkan size lebih besar untuk setiap menunya.
  • Diyana bosan dengan ayam geprek biasanya sehingga mencoba ayam geprek dengan topping mozarella. Karena unik akhirnya Diyana membelinya juga walau lebuh mahal. Sama halmya ketika Diyana ingin membeli martabak yang dagingnya lebih banyak.
  • Pada suatu ketika Diyana mendapat pesan kalau kapasitas hosting Diyana sudah penuh. Akhirnya Diyana upgrade hosting supaya kapasitasnya bertambah.
  • Bahkan ketika kuota internet Diyana sudah hampir habis, operator akan menawarkan paket yang lebih besar. Pesan itu muncul ketika kuota hampir habis namun masa aktifnya lama.

Baca juga:  7 Alasan Kenapa Anda Harus Membuat Website
?
Scroll to Top