Marketplaces

Kelebihan berjualan di Marketplace

  • Modal minim. Pendaftaran toko pada marketplace tidak dikenakan biaya.  Hanya perlu mendaftar menggunakan akun media sosial, akun email, atau nomer ponsel. Lalu dilanjutkan dengan mengisi identitas diri dan identitas toko.
  • Mudah untuk memulainya. Sistem pada marketplace sudah menyediaka segala kemudahan Anda untuk berjualan. Cukup mengunggah foto dan deksripsi produk, barang anda sudah terpajang di marketplace.
  • Pusat berkumpulnya pembeli. Marketplace sama seperti pasar konvensional, tempat yang akan dituju pembeli ketika ada kebutuhan. Oleh karena itu dalam sebuah marketplace, pasar sudah terbentuk. Anda tidak perlu repot-repot mengundang pembeli.
  • Kepercayaan costumer. Keamanan sistem payment gateway yang membuat. Konsumen hanya berniat untuk mencari apa yang mau dari suatu Marketplace. Bukan membeli apa yang anda jual. Jadi kepercayaan itu terbentuk dari Marketplace itu sendiri.
  • Promosi gratis. Manajemen marketplace akan menawarkan promosi guna menarik pengunjung. Di sisi lain, pengunjung akan merasa diuntungkan ketika berbelanja. Keuntungan promosi ini juga menguntunkan Anda sebagai pemilik toko.

 

Kekurangan berjualan di Marketplace

  • Sengitnya kompetisi penjualan. Kemudahan membuat akun toko online juga dinikmati oleh semua orang. Dengan kata lain, semua orang bisa berjualan layaknya Anda berjualan. Kabar buruknya adalah satu barang bisa di jual oleh ratusan toko yang berbeda.
  • Keuntungan yang menipis. Dampak dari kompetisi penjualan tentunya melahirkan perang harga. Kompetitor akan berusaha untuk secepat mungkin memutar barangnya walau labanya tipis. Namun apa yang terjadi jika distributor ikut menjual produknya juga di marketplace? Tentu bisa anda bayangkan sendiri bagaimana hasilnya.
  • Costumer bukan milik anda. Semua transaksi dan data pembeli adalah milik marketplace. Kesempatan anda untuk melakukan remarketing sangatlah kecil. Pihak marketplace bisa saja melakukannya, namun pembeli belum tentu kembali ke toko Anda.
  • Kurangnya branding. Hal ini disebabkan oleh fitur pencarian yang tertarget pada suatu barang. Hasil pencarian tidak semata-mata mengarah pada toko Anda. Itulah sebabnya brand toko Anda tidak akan menjadi sesuatu yang akan diingat pembeli.
  • Jangkauan Pasar. Meskipun online, bukan berarti sebuah marketplace dikenal oleh negara lain. Fitur produk tidak mendukung penjualan luar negara. Oleh sebab itu marketplace bukan suatu solusi untuk waktu sekarang.

 

Web Store

Kelebihan berjualan di Web Store

  • Kontrol penuh atas toko. Anda dapat mengoptimalkan penjualan dan fitur yang dibutuhkan. Semua ada pada kendali Anda, dari segi tampilan hingga teknik pemasarannya. Web store bisa menyesuaikan keinginan Anda bahkan pembeli.
  • Klien adalah milik Anda. Lebih mudah menjaga kedekatan dengan pembeli sehingga prinsip remarketing lebih mudah dilakukan.
  • Mengoptimalkan keuntungan. Memiliki web store menghindarkan anda dari persaingan ketat kompetitor. Keuntungan dari upselling, cross selling akan mendatangkan keuntungan besar. Bahkan jika Anda harus menganggung biaya payment gateway
  • Sarana promosi yang beragam. Promosi web store bisa dilakukan di platform di luar marketplace itu sendiri. Yang paling ramai dipilih adalah Google Ads, Instagram dan Facebook Ads.
  • Potensi pasar global. Anda bisa membangungn webstore untuk pasar yang lebih luas dari marketplace.

 

Kekurangan berjualan di Web Store

  • Biaya untuk setiap fitur. Semakin banyak fitur semakin banyak juga biaya yang harus dikeluarkan. Sewa hosting, domain, tenaga web developer sampai tenaga desain harus Anda biayai.
  • Rumit di awal. Membuat webstore membutuhkan waktu riset yang panjang. Tampilan web store harus memudahkan pembeli sebelum diluncurkan. Fitur yang ditujukan pada pembeli harus di uji coba terlebih dahulu.
  • Pemahaman troublesooting. Membuat web store seorang diri membutuhkan keahlian. Meskipun ada banyak banyak yang berkata mudah sekalipun, itu tetap relatif.
  • Keamanan & Kenyamanan Pembayaran. Fitur pembayaran yang masih diragukan oleh costumer.
  • Pemasaran manual. Meningkatkan SEO membutuhkan waktu dan biaya. Marketplace telah menduduki posisi tertinggi dalam SEO. Web store Anda harus di dukung penjualan secara kovensional. Sekaligus didukung SEM seperti Google Ads.

 

Kesimpulan

PlatformKelebihanKekurangan
Marketplace

1. Modal minim

2. Mudah untuk memulainya

3. Pusat Berkumpulnya Pembeli

4. Kepercayaan costumer

5. Promosi gratis

1. Sengitnya kompetisi penjualan

2. Keuntungan yang menipis

3. Costumer bukan milik anda

4. Kurangnya branding

5. Jangkauan Pasar

Toko Online

1. Kontrol penuh atas toko

2. Klien adalah milik Anda

3. Mengoptimalkan keuntungan

4. Sarana promosi yang beragam

5. Potensi pasar global

1. Biaya untuk setiap fitur

2. Rumit di awal

3. Pemahaman troublesooting

4. Keamanan & Kenyamanan Pembayaran

5. Pemasaran manual

Semua kemudahan yang Anda dapatkan semata-mata hanya untuk keuntungan marketplace itu sendiri. Namun faktanya banyak pedagang yang sukses mendulang keuntungan dari marketplace. Alasannya sederhana karena platform marketplace adalah tempatnya berkumpulnya pembeli.

Webstore memberi kebebasan untuk kostumisasi. Namun perlu diingat, bahwa ada titik dimana Anda tidak akan melakukannya seorang diri. Oleh sebab itu, carilah mitra yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

 

Solusi

Baik marketplace dan web store memiliki satu tujuan yang sama yaitu meningkatkan penjualan. Tidak peduli mana yang menguntungkan, tujuan akhir dari sebuah toko adalah berjualan. Segala bentuk kegiatan yang bisa meningkatkan potensi penjualan ada layaknya dipergunakan semuanya. Jika keduanya terbukti bisa mendatangkan keuntungan ada baiknya Ada untuk mencoba keduanya.

You cannot copy content of this page