Daftar isi

Belajar Digital Marketing Terlengkap untuk Pemula (Terbaru)

Belajar Digital Marketing Terlengkap untuk Pemula (Terbaru)

Ini eranya digital marketing. Kenapa demikian? Istilah digital marketing telah dikenal masyarakat luas. Perusahaan kecil hingga besar sedang berloba-lomba untuk mencari seorang digital marketer yang kompeten. Bahkan jasa digital marketing agensi sudah marak di internet.

Di era yang serba digital ini adalah momen penting untuk meningkatkan value bisnis. Reklame di pinggir jalan sudah mulai berkurang peminatnya. Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di depan ponsel pintar untuk mencari informasi penting. Dengan kata lain, pemasaran tradisional tidak lagi efektif seperti dahulu. Hal ini disebabkan teknologi informasi terus berkembang.

Supaya bisnis Anda tidak hilang termakan oleh zaman, maka Diyana akan memperikan panduan lengkap digital marketing untuk pemula. Sebelum itu, mari kita pahami sejenak arti dari digital marketing, cara kerjanya, dan strategi apa saja yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah aktifitas pemasaran yang dilakakukan di media digital. Tujuan dari digital marketing adalah memperluas jangkauan pasar sehingga masyarakat di luar kota bisa menemukan produk atau jasa Anda. Berbeda dengan pemasaran tradisional seperti halnya papan reklame yang fokus pada lokasi tertentu.

Sebelum mempelajari digital marketing lebih lanjut, Anda perlu memahami beberapa strategi yang mendukungnya. Berikut adalah masing-masing unsur digital marketing beserta penjelasannya!

Apa Saja Strategi Digital Marketing?

SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha menaikkan peringkat website pada mesin penelusuran tertentu, misal: google, yahoo, bing, dll. Semakin tinggi peringkat website Anda, maka potensi dikunjungi oleh calon pelanggan juga semakin besar.

SEO terbagi menjadi dua yaitu:

SEO On-Page

Mengoptimasi website secara internal dengan cara mengisi konten yang relecan dengan bisnis Anda.

SEO Off-Page

Mengoptimasi website secara eksternal dengan cara membangun backlink yang mengarah ke website Anda.

SEM

SEM (Search Engine Marketing) adalah usaha menaikkan peringkat website pada mesin penelusuran tertentu secara berbayar. Dengan kata lain, Anda memaksa website berada di posisi teratas dengan biaya tertentu. Hal ini biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan start-up yang ingin mendobrak pasar.

Content Marketing

Content marketing adalah cara meningkatkan SEO website dengan mengisi konten-konten yang relevan.

SMM

SMM (Social Media Marketing) biasanya cerminan dari Content Marketing, tapi lebih singkat dan ditujukan di Media Sosial. Tujuan dari SMM adalah menarik minat pengunjung untuk melakukan konversi yaitu klik menuju Website.

Email Bisnis

Email reguler biasanya akan berakhirkan @gmail.com atau @yahoo.com. Email seperti ini sangat mudah dibuat, namun seringkali jadi modus perusahaan bodong, bahkan dianggap perusahaan tidak bermodal. Kenapa harus memiliki email bisnis? Tujuannya agar Anda terlihat profesionnal sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan. Email bisnis memiliki akhiran sesuai dengan nama domain website anda contoh: [email protected]

Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran melalui pengiriman email dalam jumlah besar agar menghasilkan konversi. Biasanya mempergunakan email bisnis.

CPC & CPM

CPC (Cost Per Click) merupakan metode promosi dimana kita harus membayar sejumlah biaya tertentu setiap kali ada konversi berupa klik menuju website. Sementara CPM (Cost Per Impression) adalah metode pemasaran dimana kita harus membayar biaya tertentu setiap kali iklan tersebut tayang. CPM biasanya hitungan dengan satuan per seribu kali tayang.

CPC dan CPM yang sangat populer saat ini merupakan Google Ads.

Google Bisnisku

Cara mudah menampilkan profil bisnis tanpa memperlukan website. Fiturnya mulai alamat, jam operasional, nomer kantor, review, lokasi google map, membuat katalog produk atau jasa.

WhatsApp Bisnis

Berbeda dengan WhatsApp reguler, karena aplikasi ini memiliki fitur yang kurang labih sama dengan Google Bisnisku.

Strategi Copywriting

Teknik membuat tulisan yang menarik dan persuasif merupakan kunci mendapatkan konversi dalam bisnis Anda. Juga bisa menambah relevansi suatu website. Copywriting sering digunakan dalam menulis headline konten marketing.

Strategi Influencer

Teknik pemasaran ini dilakukan cara menunjuk orang-orang yang memiliki pengaruh dalam suatu komunitas. Harga yang ditawarkan influencer berbeda-beda tergantung dari jumlah pengikutnya. 

CTA (Call To Action)

CTA merupakan ajakan untuk melakukan konversi pada suatu kampanye iklan. Biasanya bertuliskan Dapatkan sekarang, Beli Sekarang, dll. Tujuan adanya CTA adalah mempercepat proses penjualan supaya calon konsumen tidak berpikir dua kali.

Memaksimalkan Leads

Jika konsumen tertarik dengan suatu produk ataupun jasa, mereka tak segan untuk berlangganan berita. Mereka harus memberikan data pribadi biasanya alamat email dan telepon. Data ini kedepannya bisa diolah dengan cara mengirimkan email marketing berupa survey. Dengan demikian Anda bisa memahami keinginan konsumen untuk memaksimalkan strategi penjualan.

Kesimpulan

Membangun suatu bisnis agar sukses memiliki alur yang sangat panjang. Segala strategi harus digunakan dari yang dirasa kurang efektif hingg paling efektif, semua harus dilakukan bersama-sama. Hal itu tidak ada runginya karena beberapa strategi di atas tidak membutuhkan biaya.

Bagi Anda yang merasa terlalu sibuk untuk mengurus semua hal ini tidak usah khawatir. Karena Diyana ada untuk menjadi mitra kerja Anda. Dengan jasa Digital Martketing yang kami miliki, bisnis Anda sudah berada di tangan yang tepat.

Jadi, tunggu apa lagi?

Halo Sobat Diyana

Langganan info Digital Marketing yuk!

Need Help? Chat with us