Daftar isi

7+ Tips Membuat Copywriting Untuk Meningkatkan Pemasaran

blog tips copywrite copywriting

Apa itu Copywriting?

Bagi Anda yang belum tahu, copywriting adalah salah satu teknik menulis untuk tujuan mendapatkan respon. Jadi konversi dari copywriting adalah respon.

Mengapa Copywriting Penting Untuk Bisnis?

Inilah alasan copywrite selalu dikaitkan dengan meningkatkan pemasaran. Kalau Anda sudah berhasil mendapatkan respon dari calon konsumen, maka satu langkah menuju penjualan telah dilalui. Respon itu sendiri bermacam-macam bentuknya, tergantung dari copywrite yang Anda buat. Biasanya respon yang diharapkan berupa panggilan, pendaftaran email, chatting, bahkan hingga penjualan. Jadi copywrite yang menarik tanpa tujuan bisa menghasilkan konversi yang tidak sesuai harapan.

7+ Tips Membuat Copywriting

Setidaknya ada 10 tips untuk menuliskan copywrite. Agar Anda bisa memahami secara mendalam, mari simak rahasianya satu persatu.

Storytelling

Penjualan secara langsung seringkali mendapatkan penolakan. Oleh karena itu copywriting akan membantu pemasaran tanpa melalui penjualan. Menuliskan pengalaman pribadi secara emosional bisa mempengarungi pembaca. Bagi Anda yang sering menulis pengalaman pribadi di media sosial pastinya tidak asing dengan hal ini. Jadi gunakanlah media sosial Anda sekarang dengan fungi penjualan. Jangan lebay saat menuliskan cerita, pastikan itu cocok dengan market Anda sendiri ya.

Copywrite panjang

Poin diatas membuktikan bahwa copywrite tidak selalu berupa kalimat singkat. Namun jangan menuliskan terlalu panjang sehingga membuat para pembaca bosan. Tuliskan poin pentingnya tanpa harus merubah maknanya. Dengan begitu Anda bisa memaparkan penjelasan lebih lanjut pada calom konsumen nantinya.

Berbicara dengan pembaca

Menulis adalah cara untuk berkomunikasi. Apa yang Anda tuliskan harus disesuaikan dengan target pemasaran. Jadi bahasa copywrite harus disesuaikan berdasarkan umur, gender, lokasi, pendidikan, dan budaya sang target. Ibarat sebuah radio, pesan yang tulis akan mudah diterima jika pembaca ada dalam satu frekuensi dengan kita.

Bedasarkan data

Memaparkan data statistik dari sumber yang terpercaya akan menarik minat pembaca. Jelas Anda harus menulsikan sumbernya atau Anda disangka membuat data palsu. Cara ini ampuh untuk meningkatkan kepercayaan pembaca.

Penempatan konten

Menulis baik tanpa didukung peletakan konten yang benar bisa jadi sia-sia. Awalan suatu konten adalah judul yang menarik. Kemudian di dukung oleh gambar yang mewakili, namun tetap free copyright. Untuk sentuhan terakhir adalah call to action menuju website atau kontak telepon.

Pertanyaan & jawaban

Berikan pertanyaan yang umum dicari solusinya oleh pembaca. Usahakan jawabannya hanya ‘ya’ dan ‘tidak’. Pertanyaan yang menimbulkan jawaban ‘ya’ akan lebih mudah menghasilkan konversi. Berikut contohnya:

  • Apakah Anda sering tidur larut malam?
  • Apakah Anda memiliki jerawat dibagian wajah?
  • Apakah Anda sering makan makanan berlemak?

Jika jawaban ‘ya’ sudah dijawab dalam benak pelangan, maka ini saatnya Anda menawarkan produk sebagai solusi pertanyaan mereka.

Berikan manfaat

Semua pelanggan memiki pengetahuan yang berbeda-beda. Menuliskan deskripsi sebagai copywrite tentunya tidak cocok untuk menduku pemasaran Anda. Oleh karena itu tuliskan manfaat dari produk Anda. Pelanggan butuh hasil yang bisa mereka terima ketika membeli produk Anda. Setelah mereka tau manfaatnya, pelanggan yang kritis akan mulai membaca spesifikasi produk. Disanalah pelanggan akan memutuskan untuk membeli produk Anda atau tidak.

Testimoni

Orang cenderung suka meniru orang lain. Setelah mengetahui ada yang pernah membeli produk tersebut mereka cenderung ikut membelinya. Inilah peran testimoni dari pelanggan. Selain jadi copywrite, bisa digunakan untuk memperbaiki layanan kedepannya.

Bonus

Dalam momen tertentu coprywrite juga digunakan untuk membagi-bagikan hadiah. Hadiah itu harus ada hubungannya dengan produk Anda. Pastikan juga bonusnya itu special dan limited edition, sehingga mereka melihat itu sebegai sesuatu yang langka dan mendesak.

Call to Action

Dari semua rahasia tadi, jelas ini elemen yang wajib ada di setiap copywrite. Kalian harus memahami kalau goalnya adalah respon. CTA adalah tool yang bisa menghitung kesuksesan suatu copywrite dalam suatu kampanye.

Demikianlah pembahasan tentang copywrite, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Bagi Anda yang merasa sibuk untuk mengerjakan semua itu, tidak perlu khawatir. Diyana punya waktu Anda gunakan. Kalau bisa didelegasi, buat apa dikerjakan sendiri?

Salam Diyana.


Sumber:
https://qwords.com/blog/teknik-copywriting-bisnis-online/
http://panduanim.com/copywriting/
https://elitemarketer.id/copywriting/mengasah-skill-copywriting-part-1/
https://www.alona.co.id/bisnis/4-cara-membuat-copywriting-yang-menarik/
https://mbahwp.com/10-teknik-copywriting-bagaimana-mengubah-iklan-membosankan-jadi-iklan-yang-menjual/
http://writepreneurs.com/menulis-judul-copywriting/
https://kirim.email/3-tips-membuat-copywriting-berkonversi-tinggi/

Halo Sobat Diyana

Langganan info Digital Marketing yuk!

Need Help? Chat with us